EFEKTIVITAS DAN KOMUNIKASI HUMAS DI MADRASAH

- Kontributor

Jumat, 6 November 2020 - 16:53 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh : Hadhriyatul Amni Ali

Hubungan masyarakat (Humas) merupakan suatu sarana yang dapat menghubungkan antara madrasah dan masyarakat serta merupakan salah satu bagian substansi administrasi pendidikan yang terdapat didalam lembaga pendidikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya lembaga pendidikan yang berkembang pada saat sekarang.

Humas  bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan persepsi masyarakat terhadap perkembangan sebuah lembaga pendidikan, yang ada kaitannya baik langsung maupun tidak langsung memiliki pengaruh yang signifikan bagi perkembangan sebuah lembaga pendidikan. Untuk meningkatkan perkembangan lembaga pendidikan dibutuhkan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Selain mempengaruhi masyarakat, antara lain sejauh mana mereka mengetahui dan mengetahui kegiatan lembaga atau organisasi yang diwakili, yang tetap di posisi pertama, diketahui dan diapresiasi.Sedangkan posisi publik yang kedua, mengenal dan tidak menyukai itu, maka pihak public relations berupaya melalui proses teknik public relations tertentu untuk dapat mengubah pandangan publik menjadi menyukai.

ADVERTISEMENT

ads. Ukuran gambar 480px x 600px

SCROLL TO RESUME CONTENT

Efektivitas dan komunikasi merupakan gambaran fungsi humas untuk mempromosikan madrasah sehingga lebih maju dan lebih unggul. Keunggulan madrasah dapat dilihat dari beberapa sisi. a)Madrasah merupakan sekolah umum yang bercirikan agama islam, Maksudnya disamping pendidikan ilmu-ilmu umum Plus madrasah terletak adanya beberapa pendidikan agama,(b)Madrasah lebih mementingkan akhlak, dan pendidikan etika untuk menghasilkan generasi yang saleh serta menjadikan calon pemimpin penerus bangsa,(c)Madrasah telah mempraktekkan pendidikan berkarakter sejak lama.

Maka, diharapkan orang tua mengamanahkan pendidikan anaknya kemadrasah karena, madrasah mendidik nilai-nilai agama, moral dan etika, sehingga melahirkan siswa yang cerdas intelektual dan emosional. Inilah yang menjadi motto madrasah saat ini yakni “ Madrasah hebat dan Madrasah bermartabat”.

Kiat madrasah maju untuk menaklukkan  tantangan zaman membutuhkan manajemen humas sebagai perantara yang menghubungkan antara madrasah dengan masyarakat (public) demi tercapaianya tujuan madrasah dan harapan masyarakat dengan alumni yang dihasilkan.

Seorang humas dituntut untuk mampu mengemban  keterlibatan seluruh anggota masyarakat madrasah, guru, karyawan, siswa, orang tua, lingkungan, perguruan tinggi dan lembaga pemerintah dan swasta. Di bidang pendidikan humas harus ikut serta dan tertarik untuk meningkatkan kapabilitas dan kerjasama sesuai dengan bidang dan skill masing-masing.

Proses komunikasi pada prinsipnya meliputi pengiriman dan penerimaan pesan-pesan di antara dua orang, kelompok kecil masyarakat, atau dalam satu lingkungan atau lebih dengan tujuan untuk mempengaruhi perilaku dalam suatu masyarakat. Dengan bahasa yang lebih sederhana, proses komunikasi dapat diartikan sebagai transfer data atau pesan-pesan dari pengirim pesan sebagai komunikator dan kepada penerima pesan sebagai komunikan, dalam proses komunikasi tersebut bertujuan untuk mencapai saling pengertian antara kedua belah pihak.

Public relations terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan masyarakat., dan juga Perkembangan hubungan-hubungan dalam masyarakat baik yang bersifat impersonal dan pembagian berdasarkan kepentingannya

Komunikasi eksternal yang baik akan membentuk hubungan masyarakat yang baik dengan pihak di luar perusahaan atau organisasi, yang pada akhirnya akan membentuk citra positif perusahaan atau organisasi. Selalu mengupdate informasi pendidikan dan mensosialisasikannya kepada guru,pegawai dan  siswa, agar dapat beradaptasi dengan cepat dan memastikan  warga madrasah tidak ada antipati terhadap perubahan yang serba cepat seperti sekarang ini.  Mengikuti perkembangan dunia pendidikan terutama dalam penggunaan IT atau transmission dalam proses belajar mengajar maupun proses penilaian di madrasah. menjalin kerja sama dengan komite, lembaga pemerintah, swasta atau masyarakat utk mendapatkan ide-ide kreatif untuk kemajuan madrasah.

Waka humas mempunyai tugas mempromosikan madrasah ke masyarakat, Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, promosi (dagang) adalah kegiatan komunikasi untuk meningkatkan volume penjualan dengan pameran, periklanan, demontrasi, dan usaha lain rule bersifat persuasif. Seorang Humas dituntut untuk memiliki 4 kompetensi agar dapat menjadi humas yang baik, yakni: (a). Sebagai juru bicara organisasi, dimana seseorang mampu untuk  berkomunikasi secara intensif melalui media dan kelompok masyarakat, (b). Relationship Merupakan kemampuan public relation membangun hubungan positif antara lembaga yang diwakilinya dan publik internal maupun eksternal, (c). Menunjang kegiatan bidang lain dalam untuk terciptanya tujuan bersama, (d). membuat citra pendidikan dan publisitas positif merupakan prestasi, yang menjadi tujuan utama bagi aktivitas promosi dalam melaksanakan manajemen kehumasan membangun citra pendidikan.

Humas madrasah secara umum sudah mampu mempromosikan madrasah dengan baik dengan melakukan komunikasi internal dan eksternal. Promosi madrasah Secara internal dilaksanakan oleh Kepala madrasah, guru, dan pegawai, Sedangkan secara eksternal melalui alumni dimana alumni mengadakan acara pertemuan sesama alumni dan juga acara pentas seni yang sering dikenal dengan yang menampilkan minat dan bakat siswanya dan Komite madrasah juga sering mengadakan pertemuan yang membahas tentang kemajuan madrasah , serta melalui media massa media massa yang dilakukan dengan mengupdate informasi madrasah di facebook, instagram, website madrasah, dan youtubie madrasah.

Kegiatan promosi madrasah dengan menempelkan informasi di papan pengumuman, serta mempromosikan madrasah melalui Radio Luhak Nan Tuo 102,5 FM, dan surat edaran atau pamphlet  dan brosur.

Keberadaan humas yang sangat dibutuhkan di suatu instansi pemerintah, lembaga publik, bahkan lembaga pendidikan. Sebagai perpanjang tangan sebuah lembaga pendidikan. Humas juga bertugas untuk mempublish atau menginformasikan suatu kegiatan serta dapat menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat.

Media sosial hadir dan merubah cara pikir dan mindset masyarakat dalam berkomunikasi saat ini. Dimana Komunikasi tak terbatas ruang, jarak, dan waktu. Karena Bisa diakses dimana saja dan kapan saja, tanpa harus bertatap muka. Dengan hadirnya aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan semacamnya,  dapat saling berinteraksi tanpa harus bertemu langsung. Jarak bukan menjadi masalah lagi dalam berkomunikasi. Serta bertanggung jawab untuk menjaga dan mempergunakan media informasi dengan sebaik-baiknya baik itu website madrasah, media sosial madrasah, Seperti: Facebook, Youtube, Instagram dan menginfokan tentang madrasah di website dan sosial media tersebut.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Suharman, M.Ag.,: Penyuluh Agama dan Pelestari Lingkungan Hidup
Penyuluh Agama Islam Award 2024 Tingkat Nasional Kategori Kesehatan Masyarakat
Mutiara Aldi Putri Tanah Datar lolos sebagai Awardee IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) ke Korsel
BUPATI HADIRI KEGIATAN DI SDIT NURUL UMMAH TIGA JANGKO
Agus Salim Tanjung Terima Mahasiswa/i Ilmu Politik FISIP USU Untuk Diskusi dan Wawancara Tentang Lingkungan
TINGKATKAN MINAT BACA SISWANYA.SDN 05 BARINGIN DIRIKAN GEROBAK LITERASI
Wakaf 1000 Hafiz Jilid Ke VII di Gelar
Kompetisi Sains Madrasah Kabupaten Tanahdatar Tahun 2023 digelar

Berita Terkait

Minggu, 2 Juni 2024 - 01:34 WIB

Suharman, M.Ag.,: Penyuluh Agama dan Pelestari Lingkungan Hidup

Rabu, 29 Mei 2024 - 13:48 WIB

Penyuluh Agama Islam Award 2024 Tingkat Nasional Kategori Kesehatan Masyarakat

Senin, 20 Mei 2024 - 20:57 WIB

Mutiara Aldi Putri Tanah Datar lolos sebagai Awardee IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) ke Korsel

Minggu, 19 November 2023 - 01:25 WIB

BUPATI HADIRI KEGIATAN DI SDIT NURUL UMMAH TIGA JANGKO

Jumat, 17 November 2023 - 10:41 WIB

Agus Salim Tanjung Terima Mahasiswa/i Ilmu Politik FISIP USU Untuk Diskusi dan Wawancara Tentang Lingkungan

Senin, 30 Oktober 2023 - 16:06 WIB

TINGKATKAN MINAT BACA SISWANYA.SDN 05 BARINGIN DIRIKAN GEROBAK LITERASI

Senin, 9 Oktober 2023 - 20:25 WIB

Wakaf 1000 Hafiz Jilid Ke VII di Gelar

Rabu, 12 Juli 2023 - 10:29 WIB

Kompetisi Sains Madrasah Kabupaten Tanahdatar Tahun 2023 digelar

Berita Terbaru