Menu

Mode Gelap
KPM Desa Sidajaya Datangi BRI Cipunagara, ada apa? Sosialisasi Vaksin Covid-19 di MTsN 8 Tanah Datar Petani Subang : Kami Masyarakat Kecil Apakah Bisa Mendapat Kepastian Hukum Seperti Para Pengusaha ??? Hijrah di masa Pandemi Melanda Dunia Anniversary 5 Tahun Amphibi Gelar Aksi Nyata Selama satu bulan. 

Travel · 7 Nov 2022 11:57 WIB ·

KTH AMPHIBI Lakukan Penghijauan Bersama Bupati Batu Bara di Danau Laut Tador


 KTH AMPHIBI Lakukan Penghijauan Bersama Bupati Batu Bara di Danau Laut Tador Perbesar

bnewsmedia.id Batu BaraPemerintah Kabupaten Batu Bara bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan Bahan Berbahaya Beracun (B3) Indonesia (AMPHIBI) melakukan penghijauan dan pembersihan di Danau Laut Tador, Desa Laut Tador, Kecamatan Laut Tador, Kamis (13/10/2022).

Kegiatan penghijauan ini dihadiri langsung Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., didampingi Asisten II Setdakab Batu Bara Khairil Anwar, Camat Laut Tador Wandi, Plt. Kepala BPBD Ahmadan Chair, Plt. Kepala Dinas PUTR Bresman Simangunsong dan Kepala Desa Laut Tador Syaifuddin.

Sementara dari AMPHIBI hadir Presiden AMPHIBI Agus Salim, Direktur KTH AMPHIBI Ernadi, Ketua KTH AMPHIBI Percut A.Sayuti, Ketua KTH AMPHIBI Tanjung Rejo Suriono, Ketua KTH AMPHIBI Laut Tador Padang Siregar serta jajaran pengurus dan anggota AMPHIBI lainnya dan 40 orang Pramuka SMA Mitra Inalum Kwartir Tanjung Gading Kab.Batu Bara.

Sebelum melakukan penghijauan, kegiatan diawali dengan pemberian santunan kepada puluhan anak yatim piatu dari sejumlah desa yang berada di sekitar Danau Laut Tador. Selanjutnya Bupati Zahir dan para tamu yang hadir melakukan penanaman bibit pohon produktif seperti bibit pohon durian, mangga, rambutan, sirsak, alpukat dan lain sebagainya.

Kegiatan juga diisi dengan demontrasi mesin penggiling rumput untuk dijadikan pakan ternak dengan sistem permentasi.

Dalam sambutannya, Bupati Zahir mengapresiasi kegiatan penghijauan dan pembersihan danau Laut Tador yang digagas AMPHIBI.

“Saya beri acungan jempol kepada AMPHIBI atas terselenggaranya kegiatan ini. Sebelumnya danau ini sudah pernah dibersihkan, tetapi karena tidak dirawat sehingga dipenuhi rumput kembali,” ujar Bupati Zahir.

Seperti diketahui Danau Laut Tador seluas 14 hektar sebelumnya merupakan salah satu objek tujuan wisata di Batu Bara. Namun saat ini permukaan Danau Laut Tador sudah ditumbuhi rumput dan eceng gondok.

Dengan kegiatan penghijauan dan pembersihan ini diharapkan Danau Laut Tador dapat kembali menjadi objek tujuan wisata yang dapat meningkatkan taraf ekonomi warga sekitar. Selain itu, gulma yang tumbuh di sekitar danau dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak milik warga.

Sementara itu Presiden AMPHIBI Agus Salim yang sudah malang melintang dalam aksi pembersihan danau, sungai dan pesisir mengatakan bahwa kegiatan ini bagian berawal dari keinginan masyarakat setempat.

Putra kelahiran Tanjung Tiram Kab.Batu Bara tersebut dalam sambutannya menyatakan bahwa dirinya terpanggil untuk membenahi tempat kelahirannya.

“Marsipature Hutanabe”
” Kembali Untuk Membangun Tanah Kelahiran” teriak Agus Salim.
“Saya kelahiran Kab.Batu Bara kembali dari perantauan untuk membangun tanah kelahiran saya, ucap Agus Salim.
Ucapan tersebut disambut tepuk tangan dan haru oleh Bupati Kab.Batu Bara serta ratusan peserta yang hadir dalam acara tersebut.

Lanjut Agus Salim bahwa dengan kebersamaan AMPHIBI dan Masyarakat serta Pemerintah setempat, dirinya optimis proses pembersihan Danau Laut Tador akan rampung dalam waktu sembilan bulan mendatang, tutupnya. (red.catur-amphibi)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MENERAPKAN PRINSIP MODERASI BERAGAMA

24 Oktober 2022 - 09:40 WIB

DIHADIRI WAMENAKER RI,JELAJAH WISATA PESONA PAGARUYUNG DIGEBER

3 Oktober 2022 - 10:02 WIB

NGALAU PANGIAN AKAN DIKEMBANGKAN MENJADI OBJEK WISATA UNGGULAN

20 Juli 2022 - 15:20 WIB

Pemuda turun tangan untuk Desa wisata Pagaruyung yang begitu eksotis

27 Desember 2021 - 16:19 WIB

MUSEUM ISTANA BASA PAGARUYUNG IKON WISATA SUMBAR

22 November 2021 - 16:43 WIB

MUSEUM ISTANA BASA PAGARUYUNG MILIKI 72 TIANG YANG MELAMBANGKAN PESAN YANG BERBEDA

21 November 2021 - 16:36 WIB

Trending di News